Roger yang Suka Berbagi : Hubungan Big Mom dan Gol D Roger Part II

Sepanjang cerita One Piece, informasi-informasi penting yang menjadi sentral cerita seringkali dituturkan melalui para kru Jolly Roger. Diantaranya adalah informasi tentang Grand Line, Poneglyph, dan Raftel. Karenanya, tidak menutup kemungkinan Gol D Roger sendirilah yang memberitahu Big Mom cara menuju ke Raftel.

Whitebeard dan Gol D Roger

Di Arc Marineford, sebelum Whitebeard meninggal, dia berkata dengan lantang tentang kebenaran One Piece. Saat itu digambarkan Whitebeard bernostalgia ketika berbincang dengan Gol D Roger. Dalam percakapan pertama, Roger bertanya kepada Whitebeard apakah dia ingin tahu cara menuju Raftel?

Whitebeard tidak menanggapinya, dia tidak bilang “ingin”. Lalu Roger mencoba mengganti topik pembicaraan. Sangat jelas di percakapan itu bahwa Roger ingin berbagi informasi kepada Whitebeard.

Roger langsung berbicara tentang namanya yang asli, yaitu Gol D Roger, bukan Gold Roger seperti yang dipublikasikan pemerintah. Whitebeard kemudian tertarik dengan nama itu. Hal itu dikarenakan Whitebeard mempunyai kru dengan nama “D” juga. Tanpa basa-basi, Whitebeard bertanya “Apa sebenarnya makna “D” di nama itu?”

Sangat jelas jika Roger memang berniat membagi informasi-informasi penting kepada Whitebeard. Informasi tentang kebenaran sejarah dunia, pemerintahan lama, dan misteri “D”. Mengapa Roger begitu ingin berbagi informasi?

Waktu Roger Hampir Habis

Kru Roger selalu digambarkan sebagai sosok yang terbuka dalam berbagi informasi berharga. Seperti halnya dalam arc Reserve Mountai, Crocus dengan senang hati memberi tahu Kelompok Topi Jerami informasi tentang Grand Line dan Raftel sebagai ujungnya.

Begitu pula Rayleigh, di arc Saobody dia memberi tahu Kelompok Topi Jerami informasi tentang Gol D Roger. Dia juga bercerita bahwa kelompok Jolly Roger telah menuntaskan semua petualangannya dan telah menyimpulkan informasi rahasia dari dunia. Dengan mantap, Rayleigh menawarkan untuk memberi tahu kesimpulan tersebut kepada Kelompok Topi Jerami. Percakapan tersebut diakhiri dengan instruksi untuk mencari tahu sendiri kebenaran dari semua misteri di dunia, “Sepertinya kami dan orang-orang Ohara terlalu terburu-buru mengambil kesimpulan.”

Secara tidak langsung, hal itu menunjukkan bahwa era Roger dan krunya telah selesai. Mereka memutuskan untuk membagi informasi-informasi penting yang bisa merubah dunia. Maka sangat mungkin jika Roger dan krunya telah menceritakan informasi-informasi itu kepada orang lain sebelumnya, bukan hanya kepada Kelompok Topi Jerami.

Mengapa? Karena Roger sadar bahwa waktu yang dimilikinya sudah hampir habis. Dia akan segera mati karena penyakit yang dideritanya. Karenanya, Roger ingin membagi informasi-informasi penting yang dimilikinya dengan harapan akan ada orang yang sanggup menyelesaikan misi penting yang gagal dituntaskannya.

Tersebarnya Informasi tentang Poneglyph

Hanya Roger dan krunya yang tahu informasi tentang poneglyph, mulai dari jumlah poneglyph di dunia, apa saja jenisnya, dan apa tujuannya. Roger telah memberitahukan informasi tersebut kepada Whitebeard, maka sangat mungkin jika dia juga memberi tahu Big Mom.

Big Mom adalah seorang Yonkou. Dia adalah orang penting di cerita One Piece karena Yonkou merupakan orang-orang yang paling mungkin menjadi raja bajak laut di antara ribuan bajak laut yang lain. Jadi kemungkinan Big Mom pernah berbicara dengan Roger tentang poneglyph tidaklah terlalu jauh. Umur Big Mom cukup tua untuk itu.

Sejauh ini belum diketahui karakter sebenarnya dari Big Mom, apakah dia baik atau jahat. Sehingga belum bisa disimpulkan jika Gol D Roger hanya akan berbagi informasi kepada orang-orang baik saja.

Jika percakapan Roger dan Big Mom serupa dengan percakapannya dengan Whitebeard, maka dia tentu menanyai Big Mom apakah dia ingin tahu cara untuk sampai ke Raftel kemudian memberitahu informasi tentang nama “D”.

Pengetahuan Big Mom tentang “D”

Tidak seperti Whitebeard yang tidak peduli dengan cara menuju Raftel, Big Mom ingin mendengarnya dari Roger. Itulah mengapa dia mengetahui begitu banyak informasi tentang poneglyph, cara menjadi raja bajak laut, dan apa tujuan poneglyph di Raftel.

Kemudian tentang percakapan mereka seputar “D”, ada bukti tersirat di arc Fishman Island. Saat Luffy mengenalkan namanya kepada Big Mom, reaksinya terhadap Luffy terlihat aneh. Luffy mengenalkan namanya secara lengkap ke Big Mom, namun Big Mom hanya mengulangi kata “Monkey D” saja. Jelas sekali bahwa hal itu dikarenakan adanya kata “D” di nama Luffy.

Oleh karena itu, sangat mungkin jika Roger memang telah menjelaskan informasi tentang penyandang nama “D” kepada Big Mom. Itulah alasan mengapa Big Mom terlihat sangat tertarik dengan Luffy sehingga dia mempermainkannya di Whole Cake Island.

Diterjemahkan dari:

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
17 February 2017 at 22:37 delete

Penyandang "D" = Dajjal :v

Reply
avatar