Misteri Masa Lalu Shanks: Janji kepada Sang Kapten

Shanks adalah karakter yang muncul mulai awal cerita One Piece. Sekilas dia terlihat sederhana. Namun dibalik kesederhanaannya, Shanks adalah sosok misterius yang sulit ditebak. Di bawah ini akan kita bahas bagaimana masa lalu Akagami no Shanks.

Bajak Laut Gol D Roger

28 tahun lalu Gol D Roger yang sedang sakit dan divonis tidak dapat sembuh melakukan pelayaran sebagai bajak laut. Satu tahun setelah berlayar, dia diserang oleh pasukan Shiki.

Setelah berlayar, Roger mengetahui "sejarah yang hilang" tentang "abad kekosongan". Pengetahuan tersebut membuatnya terikat pada sebuah janji untuk membenahi dunia. Namun karena sakit, Roger tahu bahwa dirinya tidak akan bisa memenuhi janji tersebut. Oleh sebab itu, Roger mewariskan tugas yang belum selesai tersebut kepada generasi yang lebih muda.

Shanks sebagai Penerus Roger

Shanks berasal dari West Blue. Roger bertemu dengan Shanks muda di sana.Ketika Roger berhadapan dengan Shiki, Shanks sudah bergabung dengannya.  Terlihat Shanks muda memakai topi Roger dalam penyerangan itu.

Tanpa tahu bahwa dirinya akan mampu menemukan sejarah yang hilang, Roger memberikan topi jeraminya kepada Shanks. Topi jerami itu adalah simbol semangat Roger. Roger percaya bahwa generasi muda yang mampu mewarisi semangatnya adalah Shanks. Roger mewariskannya ke Shanks karena dia tidak yakin akan berhasil menemukan "sejarah yang hilang", mengingat vonis penyakit yang dideritanya.

Di luar dugaan, Roger ternyata bisa bertahan lebih lama dari yang dia kira. Dia berhasil menemukan "sejarah yang hilang". Sayangnya, Roger tidak punya cukup waktu untuk berperang dengan World Government guna menindaklanjuti pengetahuannya.

Shanks yang ikut berlayar dengan Roger sudah pasti mengetahui sejarah yang hilang tersebut. Tentunya, dia juga mengetahui lokasi Raftel, pulau terakhir.  Dengan pengetahuan dan umurnya yang masih muda, Shanks dianggap mampu meneruskan perjuangan tersebut.

Namun ada keganjalan dengan Shanks. Mengapa Shanks memberikan topi Roger kepada Luffy? Mengapa tanda penerus perjuangan Roger diserahkan kepada Luffy? Jawabannya adalah: Shanks merasa tidak layak meneruskan mimpi kapetennya karena tragedi yang dia alami dengan Marshall D Teach.

Marshall D Teach Kru Whitebeard

Teach adalah orang yang menorehkan luka di mata Shanks. Namun kita belum tahu kapan hal itu terjadi. 25 tahun lalu, bajak laut Jolly Roger bubar. Setahun setelahnya Roger menyerahkan diri kepada Angkatan Laut. Pada kisaran waktu itulah Shanks mendapatkan luka tersebut.

Ada tenggang waktu satu tahun antara pembubaran kelompok Jolly Roger dan penyerahan diri Roger. Roger menggunakan tenggang waktu itu untuk berpamitan dengan teman-temannya. Salah satunya adalah Whitebeard. Dengan Whitebeard, Roger berbincang tentang cara menuju Raftel dan kebenaran sejarah yang lain.

Dalam kunjungan tersebut, sangat mungkin jika Roger tidak sendirian. Beberapa krunya tentu menyertainya. Saat itulah, Shanks bertemu dengan Marshall D Teach.

Pertemanan Shanks dan Teach

Dalam cerita One Piece, seseorang bisa menjadi teman baik hanya dalam waktu satu bulan, seperti Norland dan pejuang Shandian di arc Skypie. Begitu pula Shanks dan Teach. Setelah berjumpa dan menghabiskan beberapa waktu bersama, mereka menjadi teman baik.

Pertemanan itu tidak hanya terjalin di antara mereka berdua, ada satu orang lagi yang merupakan teman dekat Shanks dan Teach. Mereka bertiga adalah "Trio".

Apa yang menandakan hal itu? Sepanjang cerita, Teach adalah sosok yang identik dengan angka tiga. Seperti tiga tengkorak yang ada di lambang bajak lautnya, tiga kemungkinan Buah Setan yang bisa dia miliki, tiga nama Blackbeard asli di dunia nyata, dan lain-lain. Jadi sangat mungkin jika ada orang ketiga pada ikatan Shanks dan Teach.

Teach Membunuh Orang Ketiga

Marshall D Teach adalah sosok yang sangat ambisius. Dia menceritakan ide-idenya kepada orang ketiga itu. Setelah itu dia ditawari untuk ikut dengannya, namun dia menolak. Penolakan tersebut tidak disukai Teach. Teach kemudian mencoba membunuhnya.

Shanks yang mengetahui hal itu mencoba melindungi temannya, namun dia gagal dan orang ketiga itu tetap terbunuh di tangan Teach. Dalam peristiwa itu, Conqueror Haki (Haki Raja) Shanks bangkit. Shanks mencoba membalas Teach. Sayangnya, Teach yang licik berhasil kabur dan malah melukai matanya.

Keterpurukan Shanks

Di arc Marineford, Luffy yang ditinggal mati oleh Ace merasa sangat terpuruk. Shanks yang mengetahui hal itu bersimpati padanya. Saat mengungkapkan rasa simpatinya, Shanks terlihat pernah mengalami hal yang sama dengan Luffy.

Sebuah ketidakmampuan untuk melindungi teman yang berharga, itulah hal yang pernah dialami Shanks. Lebih parah lagi, Shanks sekaligus dihianati oleh teman baiknya. Shanks sangat terpuruk ketika itu.

Shanks yang dipercaya sebagai penerus Roger tidak bisa melindungi seorang teman. Shanks memutuskan bahwa dirinya tidak pantas mengemban tugas itu. Hal itu membuat rencana Roger berubah.

Sebelumnya, Roger ingin meninggal dengan damai dan perjuangannya akan diteruskan oleh Shanks. Namun setelah Shanks memutuskan seperti itu, Roger merubah rencananya dengan menyerahkan diri kepada Angkatan Laut dan memulai "era bajak laut".

Misi Shanks yang Baru

Setelah terpuruk, Shanks kemudian membuat janji baru kepada Roger: dia akan menemukan orang lain yang bisa meneruskan perjuangan Roger. Saat itu Shanks berumur 27 tahun.

Dalam percakapan Shanks dan Whitebeard, mereka berdua membicarakan bagaimana seharusnya menyikapi tindakan Blackbeard. Tapi percakapan itu berakhir dengan ketidaksepakatan di antara mereka. Mereka berdua merasa bahwa menangkap Teach adalah tugas diri mereka sendiri.

Di samping itu, mereka berdua sama-sama tidak mau menyerahkan tanggung jawab menangkap Teach dikarenakan keinginan mewujudkan mimpi Roger dengan cara mereka sendiri. Rinciannya seperti ini:

Whitebeard:
1. Mengetahui sejarah abad kekosongan.
2. Ingin menjadikan Ace, anak Roger, sebagai raja bajak laut.
3. Menganggap tindakan Teach adalah kesalahannya karena Teach telah menjadi anak buahnya selama 25 tahun.

Shanks:
1. Mengetahui sejarah abad kekosongan.
2. Ingin memjadikan Luffy, adik Ace, sebagai raja bajak laut.
3. Menganggap tindakan Teach adalah kesalahannya karena dia gagal menghentikan Teach 20+ tahun yang lalu.
4. Shanks sadar jika Teach menyerang Ace, Luffy pasti akan mengejarnya. Shanks tidak menginginkan hal itu terjadi.

Apa yang Shanks Lakukan Saat Ini

Setelah Whitebeard meninggal, dia menyisakan "anak-anak" yang berhasil selamat dari peperangan di Marineford. Dalam perang itu, Shanks menyelamatkan mereka dengan meminta genjatan senjata antara kedua pihak. Hingga saat ini, Shanks masih melindungi sisa bajak laut Whitebeard yang masih hidup dari pembantaian Blackbeard.

Shanks berkeyakinan bahwa orang yang harus berurusan dengan Blackbeard adalah dirinya. Oleh karenanya, Shanks tidak ingin Luffy bertarung dengan Blackbeard. Selain itu, janjinya kepada sang kapten hanya bisa terpenuhi jika Luffy berhasil menjadi raja bajak laut. Luffy harus menuntaskan misi tersebut.

Shanks sadar bahwa Luffy pasti akan memilih petualangan dan pertarungan semaunya. Namun tentang Marshall D Teach, Luffy tidak boleh berhadapan dengannya.

Diterjemahkan dari:
Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
blog willy
AUTHOR
15 February 2017 at 21:16 delete

Kenapa luffy ga boleh melawan teach?

Reply
avatar
16 February 2017 at 08:39 delete

Karena Shanks merasa Teach adalah tanggung jawabnya. Maksudnya, Shanks berpikir bahwa dirinyalah yang harus melawan Teach, bukan orang Luffy atau orang lain.
Thanks for comment :)

Reply
avatar
riee
AUTHOR
6 September 2018 at 20:58 delete

Lalu apa kenapa Shanks bisa berada di Mariejois ?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12 November 2019 at 03:25 delete

Karena ada pertemuan yang akan di bicarakan dengan gorosei(tetua petinggi pemerintah)

Reply
avatar
yoga
AUTHOR
12 March 2020 at 19:44 delete

Shank yonku terkuat ya

Reply
avatar