Awakening Buah Setan Brook Yomi-Yomi no Mi: Menghidupkan Kembali Orang Mati

Jika ingin menganalisa kemungkinan awakening buah setan Brook, kita harus tahu apa kekuatan sebenarnya dari Yomi-Yomi no Mi. Memang agak sulit menentukan hal itu dengan pasti, karena mulai timeskip sampai sekarang Brook tidak banyak menunjukkan kekuatannya. Namun ada satu hal yang pasti tentang kekuatan buah setan Brook, yaitu kekuatan kehidupan.

Kekuatan Dasar Yomi-Yomi

Berdasarkan fakta yang ada, Yomi-Yomi no Mi adalah buah setan tipe paramecia yang bisa mengembalikan nyawa pemakannya setelah mati, sehingga orang tersebut hidup kembali. Batasan kekuatan itu adalah utuhnya tubuh sang pemakan buah. Selain itu, Yomi-Yomi no Mi juga memberikan kekuatan yang berdasarkan pada konsep jiwa, seperti saat Brook melepas ruhnya dari raga.

Dua kekuatan tersebut hanya berlaku bagi Brook, tidak bisa ditujukan ke orang lain. Maksudnya, Brook tidak bisa menghidupkan orang mati atau mengeluarkan ruh orang lain dari raganya. Namun, setelah timeskip kita melihat kekuatan Brook yang lain, yaitu efek beku saat menebas lawan.

Efek beku tersebut menunjukkan bahwa Brook ternyata bisa menggunakan kemampuan Yomi-Yomi kepada orang lain, tidak hanya kepada dirinya sendiri. Dari fakta tersebut, kita bisa menganilisa fungsi lain dari Yomi-Yomi

Cara Menggunakan Kekuatan Yomi-Yomi ke Orang Lain.

Tidak ada keterangan yang menjelaskan bagaimana cara Brook mengeluarkan efek beku saat menebas musuhnya. Namun, kita bisa menganalisa fakta yang ada untuk menyimpulkan bagaimana cara kerja kekuatan tersebut.

Kita harus mengacu kepada fakta bahwa kemampuan dasar Brook terbatas pada konsep jiwa. Brook pernah berkata "Rasakanlah dinginnya dunia kematian" saat mengeluarkan jurus itu di Pulau Manusia Ikan. Dari kalimat tersebut ada indikasi bahwa efek beku yang keluar adalah hawa kematian yang dihadirkan ke kehidupan. Hanya orang yang pernah mati yang bisa menghadirkan hawa tersebut. Berarti Brook bisa mengambil sesuatu dari dunia kematian ke dunia kehidupan.

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara Brook membawa hawa tersebut? Jawaban dari pertanyaan ini sekaligus merupakan fungsi dari Yomi-Yomi no Mi. Inilah teori yang melandasi awakening Brook.

Fungsi Yomi-Yomi no Mi

Karena kekuatan Brook terbatas pada konsep jiwa, maka cara Brook membawa hawa dingin kematian ke dunia kehidupan adalah dengan memanfaatkan jiwa musuhnya. Brook memanipulasi jiwa musuhnya dengan Buah Setan Yomi-Yomi. Jiwa musuhnya dimanipulasi untuk bisa merasakan hawa dingin kematian hingga berakibat munculnya efek beku pada tubuh musuhnya. Manipulasi tersebut dilakukan Brook lewat perantara pedangnya, sehingga hanya satu garis yang membeku.

Jika teori tersebut tepat, maka kita mendapat satu informasi baru tentang fungsi Yomi-Yomi, yaitu memanipulasi jiwa, baik jiwa Brook maupun jiwa orang lain. Sebagai penguat, teori tersebut bisa kita terapkan untuk menebak cara Brook melepas ruh dari raganya, yaitu dengan memanipulasi jiwanya sendiri. Jadi fungsi dasar Yami-Yami no Mi adalah manipulasi jiwa. Jika fungsi dasar Yami-Yami sudah diketahui, tidak akan sulit untuk menebak awakening kekuatannya.

Awakening: Mengontrol Jiwa Semua Makhluk Hidup

Berdasarkan penjelasan Doflamingo tentang awakening buah setan, sebuah buah setan paramecia akan bisa diterapkan ke objek lain ketika sudah mencapai awakening. Doflamingo bisa merubah seluruh kota menjadi benang karena Doflamingo sudah mencapai awakening. Dari fakta tersebut, dengan mudah kita bisa menebak awakening Brook.

Awakening Brook akan membuatnya mendapat kekuatan untuk mengontrol energi kehidupan semua makhluk yang berada dalam jangkauannya. Namun tentunya manipulasi yang bisa Brook lakukan mempunyai batasan. Karena jika tidak, Brook dengan mudah bisa membunuh siapapun dengan memanipulasi jiwanya untuk keluar dari raga dan tidak kembali. Kekuatan seperti itu bukan mustahil, namun tentunya terlalu hebat.

Batasan Awakening Brook

Setidaknya ada dua hal yang menjadi batasan kekuatan buah setan seseorang secara mendasar, yaitu:

1. Kekuatan fisik dan psikis.
Brook bisa memanipulasi jiwa seseorang dengan batas kekuatan yang dimilikinya. Jika musuh sangat kuat, maka Brook membutuhkan banyak tenaga untuk memanipulasinya. Tenaga yang dimaksud adalah tingkat kelelahan fisik dan kekuatan psikis, atau teknik dasar haki. Jadi tidak semua jiwa bisa dimanipulasi oleh Brook, hanya jiwa yang pemiliknya sepadan atau lebih rendah kekuatan fisik dan psikisnya yang bisa dimanipulasi.

2. Teknik bertarung.
Bentuk manipulasi yang bisa dilakukan Brook tergantung pada tekniknya dalam menggunakan pedang dan musik. Variasi manipulasi terbatas pada teknik yang dia pakai dalam menggunakan pedang dan bermain musik. Jadi manipulasi Brook haruslah melalui perantara dua hal tersebut, dalam artian, Brook tidak bisa memanipulasi jiwa seseorang begitu saja tanpa melalui perantara pedang dan musiknya.

Prediksi Jurus Setelah Awakening

Awakening Brook tentu akan membuka banyak kekuatan baru yang unik yang belum dimilikinya. Di antaranya adalah:

1. Menghidupkan orang mati selama beberapa saat.
Setelah Brook bisa memanipulasi jiwa orang lain, dia bisa menggunakan musiknya untuk mengendalikan jiwa orang lain seperti sihir. Lalu jiwa itu bisa dikeluarkan dari raga dan menaruhnya di tubuh makhluk yang sudah mati, sehingga Brook dapat menciptakan zombi. Zombi tersebut bisa diperintah apqpun yang Brook inginkan. Namun ada batas waktunya, karena kekuatan itu membutuhkan tenaga Brook, baik tenaga fisik maupun haki.

2. Menyerap dan menggunakan energi jiwa makhluk lain untuk Brook pakai.
Dengan awakening, Brook bisa mengambil energi jiwa makhluk lain yang berada di sekitarnya. Seperti menyerap energi lewat sentuhan melalui tubuh atau pedangnya. Penyerapan tersebut tidak totoal, artinya makhluk yang energinya diserap tidak sampai mati kehabisan energi jiwa. Kemudian dengan energi yang didapat, Brook bisa memanipulasinya menjadi stamina tambahan untuk menambah kekuatan bertarungnya. Seperti menambah kecepatan, power, ataupun menambah kuat efek beku ketika dia menebas musuh.

Disadur dari:
Previous
Next Post »