Latar Belakang Kekuatan Keluarga Vinsmoke: Eksperimen Judge dan Vegapunk

Judge dan Vegapunk merupakan rekan kerja dalam sebuah proyek penelitian ilegal pada 21 tahun sebelum pesta pernikahan Sanji dan Pudding. Dalam penelitian tersebut mereka berhasil menemukan kesimpulan tentang faktor genetik atau DNA. Penemuan tersebut mempengaruhi banyak hal ke depannya.

Setelah penelitian selesai, Judge dan Vegapunk berpisah. Namun mereka sama-sama melanjutkan penelitian mereka di tempat lain dan dengan tujuan yang berbeda. Judge sendiri melanjutkan penelitiannya dengan melakukan eksperimen terhadap anak-anaknya.

Di sisi lain, Vegapunk fokus meneliti faktor genetik untuk bisa direkayasa menjadi buah setan. Hasil penelitian Vegapunk tentang faktor genetik dan buah setan itulah yang kemudian diambil dan digunakan oleh Caesar untuk membuat SMILE. Bagaimana caranya? Secara mendasar, buah setan memang bekerja dengan cara merubah faktor genetik seseorang. Seperti buah setan Gomu-Gomu, buah tersebut merubah gen Luffy sehingga dia mempunyai kekuatan fisik di luar batas manusia normal, yaitu kekuatan karet. Maka penelitian tentang faktor genetik akan bisa merekayasa buah setan dan membuat SMILE.

Rekayasa Genetik Keluarga Vinsmoke

Setelah kita tahu bahwa buah setan menyebabkan terjadinya perubahan instan pada faktor genetik (DNA) seseorang dan membuat pemakannya menjadi manusia super. Maka kita bisa menduga apa yang dilakukan Vinsmoke Judge pada penelitihannya: Judge merekayasa DNA anak-anaknya hingga mereka mempunyai kekuatan manusia super seperti seorang pemakan buah setan.

Kita belum tahu apakah dalam rekayasa tersebut keluarga Vinsmoke menggunakan buah setan atau tidak, namun sepertinya tidak, karena anak-anak Judge tetap bisa berenang dan tidak lemah saat menyentuh air laut. Sanji yang merupakan objek rekayasa tersebut bahkan masih bisa berenang sembari mengeluarkan jurus Diable Jambe saat berhadapan dengan Kraken.

Batasan Rekayasa Genetik Judge dan Vegapunk

Hasil penelitihan Vegapunk berkembang dengan pesat. Pemerintah dunia mulai memberikan buah setan kepada beberapa anak buahnya. Seperti CP9 ketika hendak bertarung dengan Bajak Laut Topi Jerami. Selain itu, penelitian lanjutan yang dilakukan oleh Caesar juga berkembang pesat. SMILE mampu menciptakan sirkulasi perdagangan buah setan di dunia bawah.

Akan tetapi semua hal itu terbatas pada buah setan tipe zoan saja. Baik pemerintah dunia atau perdagangan dunia bawah hanya mampu merekayasa buah setan tipe zoan saja. Itu berarti penelitian Vegapunk hanya berhasil merekayasa buah setan tipe zoan.

Bagaimana dengan penelitian Judge? Sama dengan Vegapunk, hasil eksperimen Judge kemungkinan besar terbatas pada buah setan tipe zoan. Buktinya bisa kita lihat dari kekuatan Reiju. Reiju adalah anak Judge yang terkenal dengan kulitnya yang keras seperti baja. Tidak ada senjata yang mampu menggores kulit tersebut kecuali pistol Pudding. Perubahan fisik seperti itu adalah ciri-ciri buah setan tipe zoan. Mungkin zoan badak atau buaya.

Sayangnya kita belum banyak melihat kekuatan keluarga Vinsmoke yang lain. Jadi kita tidak bisa menganalisa kekuatan mereka satu-persatu. Namun ada satu anggota keluarga Vinsmoke yang sudah muncul sejak awal pembentukan Bajak Laut Topi Jerami, yaitu Vinsmoke Sanji.

Tipe Zoan Sanji

Jika Sanji adalah tipe zoan, hewan apa yang cocok dengannya? Sadar atau tidak, Sanji sebenarnya mirip dengan seekor ngengat (english: moth). Persamaannya adalah ngengat membuat tubuhnya panas sebelum mereka bisa terbang. Sama seperti Sanji yang belajar Diable Jambe sebelum belajar Sky Walk.

Dari sini, pertanyaan yang muncul adalah: mengapa tampilan fisik anak-anak Judge tidak berubah jika mereka tipe Zoan? Inilah hasil penelitian Judge yang sesungguhnya. Judge mampu merekayasa kekuatan tanpa harus merubah tubuh fisiknya. Reiju hanya mendapat kulit keras badak tanpa harus berubah menjadi badak, dan Sanji mendapat kemampuan ngengat tanpa harus berubah menjadi ngengat. 

Sampai di sini, ada kemungkinan besar bahwa semua anak Judge adalah tiruan Zoan yang dihasilkan dari eksperimennya.

Disarikan dari:
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
klabauterman
AUTHOR
17 March 2017 at 10:17 delete

Ralat , sepertinya buah iblis yang diberikan kepada cp9 ketika hendak bertarung dg shp itu bukan hasil penelitian vegapunk . Karena buah iblis buatan vegapunk itu dari pola di kulit buahnya berbeda dengan buah iblis alami. Coba perhatikan polanya dengan seksama antara buah iblis buatan (dimakan momonosuke) dengan buah iblis alami (dimakan califa dan kaku).

Reply
avatar
29 May 2017 at 04:38 delete

Apakah semua buah setan buatan coraknya seperti buah yang dimakan Momonosuke? Saya kira tidak ada ketentuan tentang corak buah setan. Jadi, apakah selain buah yang dimakam Momonosuke ada buah lain sebagai penguat ide anda? 😊

Reply
avatar