Soul King Brook: Musuh Alami Big Mom

Apakah benar tidak ada yang bisa melawan kekuatan Big Mom selain Brook? Brook mempunyai kekuatan buah revival (hidup kembali) yang memberinya kehidupan kedua. Sedangkan Big Mom bisa mengambil umur seseorang dan menaruh jiwanya ke objek lain.

Teori di bawah ini membahas buah setan Big Mom dan Brook, serta kemungkinan pertarungan mereka.

Soul-Soul: Buah Iblis Big Mom

Kekuatan Big Mom mirip dengan Gekko Moriah yang bisa mengambil bayangan musuh dan menempatkannya di makhluk atau objek lain. Mereka sama-sama mencuri sesuatu yang immateri (tak berwujud) dari musuh.


Namun ada beberapa perbedaan di antara mereka. Ketika Moriah mencuri bayangan seseorang, mereka akan hilang kesadaran dan akan musnah jika terkena sinar matahari. Sedangkan ketika Big Mom mencuri (sebagian) jiwa seseorang, orang itu akan terkurangi umurnya.

Perbedaan yang lain adalah Moriah bisa meletakkan bayangan ke benda apapun (termasuk makhluk hidup), sedangkan Big Mom tidak bisa meletakkan jiwa seseorang kepada makhluk lain yang masih hidup.

Selain itu, jika sebuah bayangan dicuri dengan kekuatan buah setan Kage-Kage (buah setan Moriah), maka ia akan lenyap ketika pemilik bayangan yang asli meninggal. Berbeda dengan buah setan Soul-Soul (buah setan Big Mom) yang bisa mengambil seluruh umur target (pemilik jiwa meninggal), namun jiwanya masih berfungsi di makhluk lain (lihat One Piece Wiki).

Oleh karena itu, untuk mengembalikan umur yang telah dicuri, Big Mom harus dilukai/dikalahkan terlebih dahulu (tergantung berapa tahun umur yang telah dicuri).

Yami-Yami: Buah Setan Brook

Kelemahan buah setan Soul-Soul milik Big Mom adalah kekuatan Brook. Berdasarkan chapter 848, Brook mampu -entah bagaimana caranya- melepaskan jiwa dari pasukan catur melalui kekuatan jiwanya (Soul Power). Brook, dilihat dari kekuatan buah setan, lebih kuat dari Big Mom.

Buah setan Yami-Yami memang sangat efisien melawan pasukan jiwa Big Mom. Tapi dalam pertempuran langsung dengan Big Mom di chapter 851, kekuatan itu tidak bisa mengatasi Prometheus atau Zeus (kekuatan Big Mom yang mengeluarkan api dan petir).

Yami-Yami vs Soul-Soul

Mengapa Brook tidak melepaskan jiwa dari Prometheus dan Zeus?

Pasukan catur, Prometheus dan Zeus memiliki kesamaan, yaitu mereka semua dimasuki sebuah jiwa.

Saat melepaskan jiwa pasukan catur, Brook berkata bahwa jiwa-jiwa itu dilempar ke tubuh yang salah sehingga membuat mereka mudah dikalahkan dengan memanfaatkan pemberontakan alamiah jiwa itu. Itu adalah poin penting di sini. Brook bisa melepaskan jiwa dari badan musuhnya karena mereka salah tempat.

Brook menggunakan musik gitarnya, -bukan kekuatan Yami-Yami- dalam melepaskan jiwa pasukan catur. Musik tersebut ibarat pemicu sifat berontak sang jiwa.

Oleh karena itu, alasan mengapa Brook bisa melepaskan jiwa pasukan catur adalah karena mereka cukup lemah untuk dipengaruhi dengan musik dan hal itu tidak berhubungan dengan buah setannya. Sedangkan Promorheus dan Zeus merupakan jiwa yang lebih kuat sehingga tidak akan terpengaruh oleh musik pemicu tersebut.

Jika Brook memang bisa melepaskan jiwa Promorheus dan Zeus, tentu dia telah melakukannya sejak awal. Kenyataannya dia tidak melakukannya, berarti dia memang tidak bisa.

Soul-Soul vs Yami-Yami

Apakah kekuatan Big Mom tidak berpengaruh terhadap Brook?

Jika kita perhatikan, Brook hanyalah seonggok jiwa yang merasuki bekas badannya (yang berupa tengkorak). Sedangkan Big Mom mempunyai kekuatan untuk mencuri jiwa, bukan hanya mengurangi sebagian umur. Dapat kita simpulkan bahwa Big Mom tetap bisa mencuri jiwa Brook. Tapi dalam keadaan tertentu, Brook bisa membebaskan dirinya dan kembali ke tubuh semula dengan kekuatan Yomi-Yomi.

Setelah melihat cuplikan pertarungan antara Brook dan Big Mom, sepertinya Brook tidak akan menyelesaikan pertarungan tersebut dan tidak akan menunjukkan semua "kartu as"nya saat melawan Big Mom. Brook tahu bahwa Big Mom adalah seorang Yonkou, sehingga dia tidak punya kesempatan menang melawannya.

Peran Brook dalam Kekalahan Big Mom

Kita tahu bahwa julukan Brook setelah time skip dua tahun adalah "Soul King". Kita telah melihat efek nama ini ketika Brook menghadapi pasukan catur. Pertarungan dengan mereka membuat kita sadar bahwa nama tersebut mempunyai maksud dan akan sangat berguna di Whole Cake Island.

Sayangnya, Brook tidak mampu mengatasi haki (kekuatan psikis dan spirit) Big Mom. Hal itu menyebabkan Brook hanya berperan melemahkan kekuatan pengendalian jiwa Big Mom agar mudah diserang saat melawan luffy. Lalu akan terjadi pertarungan haki antara Luffy dan Big Mom. Pemilik haki terkuatlah yang akan menjadi pemenang.

Jika Luffy memutuskan untuk bertarung dengan Big Mom di arc ini, mungkin Luffy akan ditemani oleh Brook dan Nami sepanjang pertarungannya dengan Big Mom. Nami akan mengatasi Prometheus dan Zeus, sedangkan Brook -seperti teori di atas- akan melemahkan kekuatan magis (pengendalian jiwa) Big Mom sehingga mudah diserang Luffy.

Disadur dan diterjemahkan dari:
Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
twoll
AUTHOR
18 January 2017 at 06:46 delete

Like(y).
apakah big mom juga memiliki haki raja kak?

Reply
avatar
21 January 2017 at 05:24 delete

Belum bisa dipastikan. Namun yang jelas, haki seorang Yonkou pasti sangat kuat walaupun itu bukan haki raja.

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
28 May 2017 at 22:35 delete

Yomi yomi bang bukqn yami yami. Yami yami itu punya nya kurohige. Kegelapan. Kalau yomi yomi. Dari kata yomigaeru yang artinya hidup kembali. Milik brook

Reply
avatar
29 May 2017 at 04:29 delete

Wihh. Iya ternyata. Makasih banyak koreksinya. Akan kami benahi 😊

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
17 October 2017 at 02:46 delete

Kalau begitu apa shp bakal lebih memilih melawan big mom dari pada kabur?

Reply
avatar