Ibu Sanji, Sola: Pahlawan Lautan Bernama Sora

Germa 66 adalah sekelompok pasukan yang menjadi rakyat dari kerajaan keluarga Sanji, Vinsmoke. Rajanya adalah Judge Vinsmoke, ayah Sanji. Sang ratu, istrinya, meninggal saat keempat putra mahkota Vinsmoke berumur 8 tahun.

Di chapter 852 kita tahu siapa nama ibu Sanji. Sola. Nama itu mirip dengan Sora sang pahlawan lautan yang digambarkan sebagai pahlawan Angkatan Laut di "Komik Strip" (baca chapter 852). Kita akan membahas hubungan dua nama itu dan dampak jika kedua nama itu memang milik orang yang sama.

Sola adalah Sora, Sang Pahlawan Lautan

Nama ibu Sanji di chapter 852 versi teks alphabet ditulis dengan kata "Sola". Yang menarik di sini adalah Bahasa Jepang ketika diterjemahkan ke Bahasa Inggris seringkali membolak-balik huruf L dan R yang cenderung mirip dalam segi bunyi.

Nama Zoro pernah ditulis Zolo di "4Kids Dub" (sebuah jasa dubbing). Nama Luffy pernah ditulis Ruffy di beberapa terjemahan. Begitu pula nama Franky yang sempat menjadi Flanky.

Jadi, sangat mungkin jika nama Sola di chapter 852 adalah sebuah mis-terjemahan dari kata Sora, seorang pahlawan yang pernah dibahas di chapter 825.

Sang Pahlawan Lautan Bernama Sola

Kemungkinan mis-terjemah di atas bisa jadi tidak benar. Dengan kata lain namanya memang benar Sola. Jika seperti itu, maka ada kemungkinan lain untuk membenarkan teori bahwa ibu Sanji memang sang pahlawan lautan Angkatan Laut.

Kemungkinan lain tersebut adalah: World Government mengubah nama pahlawan yang dimuat di "Komik Strip". Nama Sola diubah menjadi Sora sebagai bentuk manipulasi sejarah untuk menutupi sosok Sora yang sebenarnya, seperti saat mereka merubah nama Gold D Roger menjadi Gold Roger.

Implikasi Teori

Jika ibu Sanji memang sang pahlawan lautan Angkatan Laut, maka ada beberapa kemungkinan yang menjadi konsekuensi logis dari hal itu, yaitu:

Pertama, Dia adalah alasan mengapa Judge, suaminya, mendapat pengecualian hukum dari World Government. World Government memenuhi permintaan mereka untuk menulis "Only Alive" di poster buronan Sanji karena Judge adalah suami sang pahlawan Angkatan Laut Sora.

Kedua, Burung camar dan robot yang digambarkan di chapter 825 adalah milik Sengoku dan Vegapunk. Mereka (Sengoku, Vegapunk, dan Sola) memiliki hubungan. Bahkan sangat mungkin jika mereka pernah bekerja sama dalam sebuah rencana yang belum terealisasi sampai sekarang.

Ketiga, Sang pahlawan Sora sebenarnya hanya bertarung sekali, saat melawan pasukan Judge di North Blue. Dia melawan keluarganya karena tidak sependapat dengan cara berpikir mereka. Dalam pertarungan tersebut dia menjadi kunci pertarungan dan bisa dikatakan menang. Dengan kata lain, dialah yang menyebabkan Keluarga Vinsmoke atau Germa 66 kehilangan kekuasaan mereka.

Diterjemahkan dari:
Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
twoll
AUTHOR
18 January 2017 at 06:24 delete

Kerenn kaka.��

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
2 January 2020 at 07:05 delete

Sora = Sengoku kan di kepala sengoku ada burung

Reply
avatar