Rahasia Kekuatan Mata Tiga Pudding: Kekuatan untuk Melihat Semua Hal


Mata tiga bukanlah hal asing di dunia manga atau animasi. Biasanya kekuatan mata tiga identik dengan jurus-jurus hebat seperti menembakkan laser, membaca pikiran, telepati, dan lain-lain. Namun tentang mata tiga milik Pudding, ada spekulasi menarik yang berhubungan dengan alur cerita One Piece selama ini.

Berdasarkan ucapan Big Mom di chapter 853, keturunan mata tiga mempunyai kekuatan tersembunyi yang sangat berguna baginya. Setelah mengungkapkan hal itu, Big Mom menyinggung kemampuan Roger yang bisa mendengarkan semua suara atau VOAT (Voice of Anything). Dari sini ada pertanyaan yang patut dibahas, yaitu apa persamaan antara kemampuan mendengar VOAT dan mata tiga?

Kemampuan Mendengar VOAT

Wujud sebuah benda atau makhluk hidup legendaris di One Piece sebenarnya terdiri dari dua jenis, yaitu wujud fisik dan spiritual. Wujud fisik adalah wujud yang bisa dilihat dan didengarkan oleh semua orang. Sedangkan wujud spiritual hanya bisa dilihat atau didengarkan oleh orang-orang tertentu.

Seseorang yang mampu mendengar VOAT bisa mendengarkan sebuah suara yang berasal dari wujud spiritual. Saat di Zoo, Luffy dan Momonosuke bisa mendengar suara Zunisha (gajah pulau Zoo), sedangkan orang-orang yang lain tidak bisa. Hal itu dikarenakan Zunisha berbicara melalui wujud spiritualnya, bukan wujud fisiknya. Begitu pula saat Luffy dan Shirahoshi mendengar suara Sea King di arc Fishman Island.

Akan tetapi, dalam dua arc tersebut, Luffy terlihat kebingungan saat suara itu muncul. Luffy tidak tahu siapa yang berbicara. Seperti halnya Roger saat mendengar suara Sea King. Luffy dan Roger tidak tahu siapa yang berbicara. Mereka hanya mendengar suaranya. Maka bisa ditarik kesimpulan bahwa orang yang mampu mendengar VOAT tidak bisa melihat wujud spiritual sebuah benda atau makhluk hidup.

Jika seperti itu, maka seharusnya ada kekuatan lain yang mampu melihat wujud spiritual sebuah benda atau makhluk hidup. Kekuatan tersebut harus ada sebagai pelengkap dari kemampuan mendengar VOAT. Itulah kekuatan tersembunyi dari mata tiga, yaitu kemampuan untuk melihat wujud spiritual suatu benda atau makhluk hidup.

Untuk lebih menguatkan spekulasi tersebut, mari kita bandingkan dengan alur cerita selama ini.

Roger dan Road Poneglyph Big Mom

Setelah kita tahu bahwa wujud benda atau makhluk hidup legendaris ada dua jenis, bisa kita katakan bahwa road poneglyhp juga mempunyai wujud spiritual. Road poneglyph sama legendarisnya dengan Zunisha dan Sea King. Perbedaannya, road poneglyph adalah sebuah benda, bukan makhluk hidup.

Jika road poneglyph memiliki wujud spiritual, maka menjadi jelas maksud dari ucapan Big Mom di chapter 853 saat bilang "kecolongan" oleh Roger. Jika road poneglyph memiliki wujud spirifual maka Roger dapat mengerti informasi road poneglyph yang dimiliki Big Mom dengan hanya berada di dekatnya. Roger tidak perlu mencuri atau mengcopy road poneglyph itu, melainkan hanya perlu mendengar suaranya.

Tidak banyak karakter yang mampu mendengarkan VOAT di One Piece. Karakter yang mampu mendengar VOAT juga tidak selalu bisa mengajak bicara sumber suaranya. Sumber suara yang berasal dari wujud spiritual tersebut memilih sendiri siapa yang bisa berbicara dengannya. Di Zoo, Luffy dan Momonosuke sama-sama mampu mendengar suara Zunisha, namun hanya Momonosuke yang bisa berbicara dengannya melalui suara spiritual juga.

Lalu bagaimana dengan Roger dan road poneglyph milik Big Mom? Apakah Roger hanya mendengar suara road poneglyph itu atau mampu berbicara dengannya?

Poneglyph dibuat oleh orang-orang terdahulu untuk menyampaikan informasi tentang kebenaran sejarah kepada orang-orang tertentu. Siapa orang-orang tertentu itu? Merekalah para penyandang nama "D". Poneglyph memang ditujukan kepada mereka untuk memberitahu bahwa ada sebuah misi yang harus mereka selesaikan.

Jadi tentang Roger dan road poneglyph, besar kemungkinan bahwa mereka bisa saling berbicara, Roger bukan hanya mendengarkan suara dari wujud spiritual road poneglyph dengan pasif.

Bukan berarti semua penyandang nama "D" bisa mendengarkan dan berbicara dengan wujud spiritual Road Poneglyph, hanya penyandang nama "D" yang memiliki kemampuan mendengar VOAT lah yang bisa melakukan hal itu.

Fungsi Mata Tiga Pudding di Kru Big Mom

Dalam cerita One Piece, Oda hanya memunculkan satu karakter yang bermata tiga, Pudding, anak Big Mom. Untuk mengetahui kekuatan mata tiga itu, kita perlu mengingat apa yang sangat diinginkan oleh Big Mom, terutama yang berhubungan dengan Pudding.

Bukan rahasia lagi jika ambisi terbesar Big Mom adalah pergi ke Raftel dan menjadi raja bajak laut. Untuk bisa ke Raftel, Big Mom membutuhkan peta rutenya yang tersimpan di road poneglyph. Karenanya, Big Mom serius mengumpulkan poneglyph dan menjaganya mati-matian dari pencurian.

Permasalahannya adalah bagaimana cara Big Mom membaca poneglyph sedangkan orang yang mampu membacanya hanyalah Robin. Terlepas dari mengenal Robin atau tidak, Big Mom tidak terlihat hendak memanfaatkan Robin dalam membaca poneglyph. Jadi Big Mom pasti mempunyai cara tersendiri untuk mengetahui informasi di poneglyph selain dengan membacanya. Pada bagian inilah kekuatan tersembunyi dari mata tiga Pudding dibutuhkan.

Namun ada sebuah masalah tentang cara membaca road poneglyph dengan mata tiga Pudding seperti itu. Jika road poneglyph hanya mau berkomunikasi dengan orang yang dipilihnya, apakah Pudding bisa berkomunikasi dengannya? Walaupun Big Mom bermaksud menyuruh Pudding melihat wujud spiritual road poneglyph, belum tentu wujud spiritual tersebut mau berkomunikasi dengannya, karena wujud spiritual tidak berkomunikasi dengan sembarang orang.

Lantas mengapa Big Mom sangat mengandalkan Pudding? Hal itu disebabkan Pudding mempunyai kekuatan Memo-Memo no Mi. Pudding bisa menggunakan kekuatan itu untuk melihat ingatan road poneglyph dan mencari informasi yang dibutuhkan.

Maksudnya, ingatan yang dilihat adalah ingatan saat berkomunikasi dengan Roger, bukan ingatan poneglyph sejak awal dibuat.

Bagaimana cara Big Mom membangkitkan kekuatan tersebut? Pudding menyatakan bahwa kekuatan mata tiga tidak ada padanya karena dia berdarah campuran, tidak murni keturunan suku Mata Tiga. Jika masalahnya adalah faktor gen, maka sangat logis bagi Big Mom untuk memanfaatkan Germa yang sudah berpengalaman merekayasa gen. Itulah sebabnya Big Mom sangat antusias menguasai teknologi milik Germa.

Diterjemahkan dan disadur dari:
Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
Arif Furqon
AUTHOR
18 February 2017 at 05:18 delete

Jadi VOAT sudah umum diketahui para bajak laut senior? Bukankah teori bahwa benda mati memiliki wujud spiritual terlalu dipaksakan? Atau mungkin memang memiliki dasar yang kuat? Karena saya tidak menemukannya dalam artikel ini.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
20 May 2018 at 16:27 delete

Analisismu mantap broooo , aku aja gk kepikiran sampe segininya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
25 February 2021 at 06:57 delete

roger minta bantuan oden om buat baca .

Reply
avatar