Kelemahan Big Mom: Hajrudin dan Masa Lalu di Elbaf

Luffy sebenarnya telah memiliki kunci untuk mengalahkan Big Mom. Kunci tersebut adalah Hajrudin, raksasa dari Elbaf. Bagaimana bisa? Mari kita berteori!

Sosok Yonkou sekuat Big Mom ternyata mempunyai kelemahan yang fatal. Kelemahan tersebut berasal dari masa lalunya, masa lalu bersama ibu asuhnya, Mother Caramel. Begitu foto Mother Caramel dirusak/dipecah, Big Mom langsung kehilangan kendali dan berteriak histeris. Itu adalah kelemahan besar pada diri Big Mom.

Setelah kita melihat flashback Big Mom, ternyata Mother Caramel merupakan sosok yang sangat bersahaja, tidak hanya bagi Big Mom, melainkan juga bagi para raksasa Elbaf. Dari chapter 866 kita juga tahu kemungkinan apa yang membuat Big Mom dan Mother Caramel berpisah, yaitu tindakan liar Big Mom membakar rumah-rumah di Elbaf dan menyerang penduduknya. Maka, sangat mungkin bahwa Big Mom mempunyai masa lalu yang kelam dengan para raksasa Elbaf.

Sampai di sini, kita dapat memprediksi kelemahan lain yang dimiliki Big Mom akibat masa lalunya selain yang berhubungan dengan Mother Caramel, yaitu hubungan dengan para raksasa Elbaf. Jika memang hubungan Big Mom dan para raksasa tidak membaik, maka Big Mom seharusnya juga sensitif terhadap raksasa Elbaf seperti sikapnya pada foto Mother Caramel.

Big Mom dan Raksasa Elbaf

Konflik antara Big Mom dan raksasa Elbaf sebenarnya telah dimunculkan sejak awal arc Whole Cake Island, yaitu ketika membahas masa lalu Lola. Di sana diceritakan bahwa Big Mom sangat marah kepada Lola karena dia menolak untuk dijodohkan dengan pangeran Elbaf, yang sekarang telah kita ketahui namanya, yaitu Loki. Bahkan Big Mom mengatakan seandainya Lola mau menikahinya, Big Mom akan menjadi raja bajak laut. Itu adalah sebuah ekspektasi besar.

Maka pertanyaannya adalah, sebenarnya ada masalah apa antara Big Mom dan para raksasa Elbaf? Dugaan terkuat adalah Big Mom gagal menjalin hubungan baik dengan raksasa Elbaf hingga saat ini. Hal itu dibuktikan dengan tidak adanya satu raksasa pun di dunia yang dibangun oleh Big Mom, padahal Big Mom bercita-cita mengumpulkan semua ras makhluk hidup dalam keharmonisan di bawah pimpinannya.

Maka, ungkapan Big Mom "menjadi raja bajak laut" kemungkinan besar dimaksudkan pada lengkapnya dunia yang dibangunnya. Maksudnya, jika raksasa Elbaf telah mau bekerja sama dengan Big Mom dan beberapa di abtaranya tinggal di dunia Big Mom, Big Mom merasa dirinya telagmh berhasil menjadi raja bajak laut.

Sayangnya, keinginan Big Mom tidak terwujud. Dengan masa lalu yang kelam dan kegagalan pernikahan politis, Big Mom gagal menjalin kerja sama dengan para raksasa Elbaf. Akibat kegagalan tersebut, Big Mom sangat mungkin memiliki sensitifitas tinggi dengan para raksasa, khususnya raksasa yang dia kenal ketika hidup di Elbaf bersama Mother Caramel ketika kecil dulu. Dari sini, menjadi mungkin bahwa Big Mom dapat diganggu mentalnya dengan cara menghadirkan -dalam kondisi tertentu- sosok raksasa tersebut, seperti ketika foto Mother Caramel dipecah/dirusak.

Raksasa Elbaf Hajrudin: Kunci bagi Luffy

Kita mengetahui sosok raksasa yang terhitung muda, yaitu Hajrudin. Selama flashback Big Mom, diperlihatkan bagaimana Hajrudin berlatih sewaktu Big Mom berada di sana. Maka terdapat kemungkinan besar bahwa Big Mom mempunyai hubungan dengannya. Kemudian di arc Dresrossa, Hajrudin telah bersumpah menjadi armada Bajak Laut Topi Jerami.

Jika dugaan tentang sensitifitas Big Mom di atas benar, seharusnya Luffy dapat menggunakan Hajrudin sebagai kunci utama mengalahkan Big Mom. Hajrudin jelas mengetahui banyak hal tentang Big Mom karena mereka sempat tinggal bersama, tidak terkecuali kelemahannya terhadap sosok raksasa. Namun sayangnya Hajrudin tidak sedang berada di Whole Cake Island saat ini. Jadi, "mengalahkan" Big Mom dengan memakai Hajrudin masih jauh dari kemungkinan.

Tetapi terdapat hal lain yang bisa dimanfaatkan Luffy dari relasinya dengan Hajrudin. Luffy dapat menggunakannya sebagai jalan untuk keluar dari konflik Big Mom tanpa harus bertarung habis-habisan dengannya. Dengan mengatakan bagaimana relasi Luffy dan Hajrudin, Big Mom mungkin akan berpikir dua kali untuk membunuh Luffy ataupun kelompok/aliansinya. Bahkan, Big Mom bisa jadi bersikap baik terhadap Luffy karena takut melakukan kesalahan lagi terhadap Hajrudin dan para raksasa Elbaf.

Dari sini, kita dapat menduga bahwa ending dari arc Whole Cake Island tidak akan berakhir dengan kematian/kehancuran salah satu pihak. Melainkan akan berakhir dengan perjanjian-perjanjian dan relasi baru di antara para pemeran konflik. Selain itu, ending romance antara Sanji dan Pudding juga masih sangat dimungkinkan, mengingat awal cerita arc ini adalah konflik pernikahan mereka.
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Anonymous
AUTHOR
29 May 2017 at 06:09 delete

Bisa juga tuh.. Sepertinya di whole cake ini emang ga akan terjadi pertarungan antara luffy dan bigmom... Melihat dari video clip soundtracknya yg tidak menampakkan pertarungan melawan big mm

Reply
avatar
1 June 2017 at 16:16 delete

Tambah jelas bagaimana hubungan buruk Big Mom dan Elbaf di chapter 867

Reply
avatar