Sabo VS Akainu: Analisis Kemungkinan Pertarungan Api dan Magma


Setidaknya terdapat dua alasan mereka bertarung. Pertama, Sabo berada di pihak pasukan revolusioner dan Akainu di pihak angkatan laut. Kedua pihak tersebut saling bermusuhan. Sehingga ketika pasukan revolusioner bergerak, bisa dipastikan angkatan laut akan menghadang mereka. Lalu di masing-masing pihak, Sabo dan Akainu merupakan komandan (Sabo = Chief of Staff dan Akainu = Fleet Admiral).

Kedua, Akainu merupakan orang yang membunuh saudara Sabo, Ace. Perjumpaan Sabo dan Akainu dapat dipastika akan memanas dengan “dendam” Sabo atas nyawa Ace. Apalagi semenjak Sabo memakan Mera-Mera no Mi milik Ace. Sabo sudah pasti mengalami peningkatan kekuatan sehingga peluang mengalahkan Akainu akan semakin besar daripada sebelum memakan Mera-Mera no Mi. Selain itu, Akainu juga tidak akan membiarkan Mera-Mera no Mi dimiliki musuhnya.

Bisakah Sabo mengalahkan Akainu?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita bahas bagaimana cara kerja Mera-Mera no Mi dan cara Akainu mengalahkan Ace.

Cara Kerja Mera-Mera no Mi

Secara umum, buah setan tipe logia bekerja dengan cara merubah molekul tubuh seseorang menjadi zat lain, seperti pasir milik Crocodile atau es milik Aokiji. Namun pasir dan es berbeda dengan api. Secara ilmiah, api bukanlah wujud yang tercipta sendiri, melainkan akibat pembakaran suatu objek. Seperti kertas yang dibakar. Sedangkan pasir dan es merupakan wujud yang berdiri sendiri. Selain itu, api juga hanya bisa tercipta jika terdapat oksigen.

Karena api membutuhkan objek yang dibakar dan oksigen, maka cara kerja Mera-Mera no Mi adalah dengan membakar tubuh pengguna dan memanfaatkan oksigen di sekitarnya. Hanya saja, tubuh pengguna dapat kembali seperti semula dengan merubah molekul kembali. Kita juga mengetahui bahwa api akan semakin besar jika terdapat banyak oksigen (udara atau angin). Dari sini, dapat kita simpulkan bahwa api Mera-Mera no Mi akan semakin besar jika memanfaatkan semakin banyak oksigen. Itulah cara kerja Mera-Mera no Mi.

Cara Akainu Mengalahkan Ace

Dalam cerita One Piece chapter 159 arc Alabasta, Luffy untuk pertama kali bertemu dengan Ace sejak kepergian Ace menjadi bajak laut. Pada pertemuan tersebut, Luffy terkejut karena Ace memakan buah setan. Berarti dapat disimpulkan bahwa Mera-Mera no Mi belum lama dimiliki Ace. Jika seperti itu maka kemungkinan besar Ace belum mencapai tingkatan awakening buah setan. Mengingat Luffy yang sudah lama memilki buah setan juga belum mencapai tingkat awakening.

Karena ketidak-sempurnaan Ace memanfaatkan Mera-Mera no Mi itulah Akainu dapat mengalahkan Ace. Secara ilmiah, magma lebih panas daripada api (api = 1.200 derajat celcius dan magma = 1.300 derajat celcius). Lalu, magma merupakan benda yang akan membakar benda lain yang tidak lebih panas darinya.

Ketika Ace melindungi Luffy dari pukulan Akainu, api Ace berhadapan dengan magma Akainu. Magma yang lebih panas itulah yang membakar Ace. Ace tetap terbakar walaupun dia memadatkan apinya. Hanya itulah cara agar pukulan Akainu tidak mengenai Luffy yang jelas akan langsung terbakar terkena magma karena Luffy adalah karet.

Apakah Sabo mempunyai kesempatan menang melawan Akainu?

Di Dresrossa, Sabo memperlihatkan kemampuannya beradaptasi dengan Mera-Mera no Mi. Dalam waktu singkat Sabo berhasil menguasai Hiken milik Ace. Selain itu Sabo juga mampu melapisi senjata dengan api, seperti ketika melawan Fujitora. Hal itu membuktika bahwa Sabo mempunyai bakat besar menguasai Mera-Mera no Mi secara maksimal. Kemungkinan alasannya adalah karena Sabo telah menguasai haki sedangkan Ace tidak.

Melalui latihan, terdapat kemungkinan besar Sabo akan menemukan teknik baru dalam memanfaatkan Mera-Mera no Mi. Sabo mungkin saja berhasil mengeluarkan api biru yang lebih panas daripada api merah yang selama ini ditunjukkan oleh pengguna Mera-Mera no Mi. Panas api biru sekitar 1.500 derajat celcius. Tentu saja, untuk mengeluarkan api biru dibutuhkan kekuatan psikis yang lebih besar, dan Sabo mempunyainya sebab dendamnya atas kematian Ace.

Dengan api biru, Sabo akan menjadi lebih panas daripada Akainu. Api Sabo akan bisa membakar magma Akainu. Selain itu, dengan haki yang dimilikinya, peluang Sabo mengalahkan Akainu akan semakin besar.

Mengapa bukan Luffy yang bertarung dengan Akainu?

Dendam yang dimiliki Sabo atas kematian Ace jelas dimiliki Luffy juga. Namun, Luffy mempunyai mimpi yang ingin diraihnya, yaitu menjadi raja bajak laut. Sementera ini, pertarungan dengan Akainu tidak ada dalam rencana raja bajak lautnya. Jadi tidak ada alasan lain bagi Luffy untuk melawan Akainu.

Selain itu, Luffy jelas akan mempercayai kakaknya, Sabo. Ketika Sabo sudah berniat membalaskan dendam Ace dengan mengalahkan Akainu, Luffy hanya akan percaya padanya dan semakin bersemangat meraih mimpinya menjadi raja bajak laut.


Disadur dan diterjemahkan dari:
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar