Kelemahan Observasi Haki Katakuri: Analisis Kemampuan Melihat Masa Depan

Sumber Gambar:

Setelah chapter 862 (Pria yang Cerdas), banyak spekulasi yang membahas cara Sanji menghindari serangan Katakuri. Di antara spekulasi-spekulasi tersebut, perkiraan yang paling tepat untuk saat ini adalah Sanji berhasil menghindar karena kemampuan observasion haki miliknya. Hanya saja apakah memang kemampuan observasion haki milik Sanji sekuat itu hingga bisa mengimbangi kemampuan Katakuri? Ataukah kemampuan Katakuri memang memiliki kelemahan tersendiri?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, mari kita coba melihat anime lain yang mempunyai karakter dengan kemampuan yang Katakuri, melihat masa depan. Anime tersebut merupakan anime series berjudul Bungou, sedangkan karakter yang mempunyai kekuatan seperti Katakuri bernama Sakunoske Oda atau biasa dipanggil Odasaku.

Gambar: Sakunosuke Oda (Odasaku)

Odasaku muncul di season 2 anime tersebut ketika flashback. Empat episode pertama season tersebut membahas Odasaku. Kekuatan melihat masa depan milik Odasaku bukan main-main. Dia seorang mafia yang hebat. Beberapa kali Odasaku menunjukkan penggunaan kekuatannya. Dia juga menunjukkan kelebihan dan kelemahan dari kekuatan tersebut.

Kelebihan kekuatan seperti itu sudah jelas: dia dapat melihat datangnya sebuah peluru yang ditembakkan ke arahnya dan menghindarinya. Dia juga mampu melihat jika ada sebuah bom yang akan meledak. Dan masih banyak lagi.
Lalu kelemahan kekuatan tersebut adalah: jika sudah terjebak dalam sebuah perangkap, dia tidak dapat menggunakan kekuatannya untuk melihat masa depan.

Kejadian itu diperlihatkan pada episode 2 ketika Odasaku menyentuh sebuah bola yang telah ditaburi bahan kimia yang melumpuhkan. Dalam cerita tersebut disebutkan bahwa alasan kekuatannya tidak bekerja adalah karena "sudah terlambat". Hal itu terjadi pada Katakuri ketika kloning-kloing Luffy keluar dari kue. Katakuri tidak berhasil melihatnya.

Sekarang mari kita analisis kekuatan Katakuri

Hal petama yang harus kita ingat adalah dalam One Piece, cara kerja haki belum dijelaskan secara rinci, melainkan hanya dijelaskan secara global lewat ucapan Rayleigh dan beberapa karakter lain secara terpisah. Sedangkan observasion haki sendiri pernah ditunjukkan dalam banyak bentuk. Contohnya seperti haki milik Ussop yang memberikan kekuatan untuk melihat jarak jauh. Lalu observasion haki milik Katakuri yang memberikan kekuatan untuk melihat masa depan.

Dari fakta tersebut, kita bisa menyimpulkan beberapa hal, yaitu:

Haki merupakan kekuatan yang "sesuai" dengan kemampuan penggunanya, guna memperkuat kemampuan tersebut. Hal itu sama seperti yang terjadi pada Ussop. Jadi, bentuk haki akan berbeda-beda antara satu orang dengan orang lain. Atau bisa juga kita ibaratkan bahwa haki merupakan kekuatan indrawi seseorang yang akan semakin kuat jika dilatih. Mungkin hanya Conqueror Haki yang tidak seperti itu.

Gambar: Cara Kerja Observasion Haki milik Ussop

Jadi mari ikuti terus perkembangan informasi kemampuan Katakuri selanjutnya. Dan jika anda mempunyai pikiran lain tentang observasion haki milik Katakuri, silahkan berkomentar.

Diterjemahkan dari:
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Onepiece
AUTHOR
18 October 2021 at 08:48 delete

apa kabarnya nih ya sekarang

Reply
avatar