Aliansi Luffy Melawan Big Mom: Sebuah Ulasan

Melawan seorang Yonkou bukanlah hal mudah, termasuk Yonkou Big Mom. Namum Luffy yang terlanjur menantang Big Mom di Fishmen Island dan terseret ke konflik pernikahan politis Vinsmoke-Big Mom mau tidak mau harus dapat mengatasinya. Setelah banyak mengalami rintangan di Whole Cake Island, petualangan Luffy menghadapi telah memcapai klimaks dalam pesta pernikahan. Di sana, Luffy muncul bersama aliansi dadakan yang sebelumnya tak pernah terpikirkan. Berikut adalah ulasan orang-orang (kubu) yang termasuk aliansi Luffy tersebut.

1. Kru Bajak Laut Topi Jerami: Nami, Brook, Chopper, dan Sanji

Sebenarnya kurang tepat jika mereka disebut aliansi. Karena mereka bukanlah orang luar yang hanya beraliansi ketika menghadapi Big Mom, melainkan teman berpetualang Luffy di semua tempat. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa pasukan utama Luffy dalam menghadapi Big Mom adalah krunya sendiri. Oleh karenanya akan terasa kurang jika mengulas aliansi Luffy dalam mengahadapi Big Mom tanpa menyertakan krunya.

Hanya saja, seperti yang kita ketahui, kru Bajak Laut Topi Jerami saat ini sedang terbagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok pergi ke Wano bersama aliansi Luffy sebelumnya dan satu kelompok menemani Luffy pergi ke Whole Cake Island untuk menjemput Sanji. Kelompok yang disebut terakhir ini adalah Nami, Brook, Chopper, dan Sanji. Walaupun alasan mereka menemani Luffy bukan untuk bertarung, melainkan 'jaga-jaga' jika terjadi hal yang tidak diinginkan, namun mereka berempat adalah pasukan andalan Luffy dalam menghadapi Big Mom.

Nami yang sebenarnya bertugas memastikan navigasi perjalanan pulang-pergi dari Whole Cake Island akan berguna mengatasi kemampuan musuh yang berjenis cuaca atau elemen alam. Brook yang sebenarnya ikut karena merasa bersalah atas lepasnya Sanji akan berguna menghadapi pasukan jiwa Big Mom. Chopper yang sebenarnya bertugas memastikan tersuplainya perawatan kesehatan Luffy akan berguna melawan kru dengan basik kekuatan fisik. Kemudian Sanji yang berada di Whole Cake Island karena terseret konflik keluarganya akan berguna menghadi musuh berlevel tinggi sekelas komandan pasukan.

2. Suku Mink: Pedro dan Carrot

Aliansi antara Luffy dan Suku Mink telah dimulai sejak Luffy berada di Pulau Zou. Suku Mink berkenan membantu Luffy menghadapi Big Mom dengan dua alasan. Pertama, Sanji dan beberapa kru Bajak Laut Topi Jerami telah menyelamatkan Suku Mink paska penyerangan kru Yonkou Kaido, Jack dan pasukannya. Suku Mink ingin membalas budi dengan mengutus Pedro yang telah mengetahui teritori Big Mom untuk menemani Luffy menjemput Sanji. Kedua, Suku Mink yang telah mempunyai hubungan erat dengan Momonosuke dan Wano berniat membebaskan Wano dari jajahan Yonkou Kaido. Bajak Laut Topi Jerami kemudian bersimpati dan ingin turut membantu Wano. Maka terciptalah aliansi antara mereka.

Selain Pedro, terdapat satu orang lagi dari Suku Mink yang membantu Luffy, Carrot. Jika Pedro beguna sebagai pengatur strategi karena paham teritori, Carrot berguna sebagai petarung pendukung. Orang-orang dari Suku Mink memang terkenal sebagai petarung hebat. Pedro dan Carrot akan sangat berguna sebagai petarung tambahan bagi Luffy dalam menghadapi pasukan Big Mom, terutama para petinggi atau komandan. Dengan kekuatan khas berupa sengatan listrik, Pedro dan Carrot dapat melawan musuh yang bertarung dengan basik kekuatan air.

3. Manusia Ikan: Jinbei

Calon kru baru Bajak Laut Topi Jerami yang satu ini tiba-tiba muncul di tengah konflik Luffy-Big Mom. Kemunculannya cukup mengagetkan, namun juga cukup membuat lega banyak orang. Awal kemunculan Jinbei di Whole Cake Island digambarkan sebagai bagian dari kru Big Mom. Tentu banyak orang yang kaget dengan hal itu. Namun jika mengingat apa yang telah terjadi di Fishman Island, sudah dapat diduga bahwa Jinbei nantinya pasti akan membantu Luffy. Dugaan tersebut terbukti melalui penyelamatan Jinbei ketika Luffy dan Nami dipenjara dalam Penjara Buku.

Tentang sejak kapan Jinbei beraliansi dengan Luffy, sepertinya sudah terjadi sejak di Fishman Island. Namun di Whole Cake Island aliansi anatara mereka menjadi lebih jelas. Jinbei telah menyatakan bergabung dengan kru Bajak Laut Topi Jerami di depan Big Mom. Sang Kesatria Lautan yang terkenal cerdik dalam mempertimbangkan langkah ini telah banyak berjasa bagi Luffy selama berhadapan denagan Big Mom. Selain membebaskan dari penjara, Jinbei juga memberi Luffy informasi tentang nasib Sanji dan rencana Big Mom yang sesungguhnya. Sebuah jasa yang sangat besar.

Selain petarung yang hebat, dengan banyaknya pengetahuan selama menjadi anak buah Big Mom, Jinbei sudah barang tentu akam sangat berguna bagi Luffy. Melawan pasukan Big Mom tingkat atas, memberikan informasi kekuatan dan kelemahan lawan kepada Luffy dan kawan-kawan, serta memberikan informasi rute pelarian yang paling aman jika keadaan sangat mendesak. Ketiga hal itu adalah contoh jasa yang dapat Jinbei berikan kepada Luffy selama bertarung dengan Big Mom dan pasukannya.

4. Bajak Laut Fire Tank: Capone Gang Bege, kru Fire Tank, dan keluarga Capone

Generasi terburuk yang satu ini benar-benar buruk. Di awal cerita Luffy membencinya, sekarang Luffy beraliansi dengannya. Sepertinya di New Word ini, petualangan Luffy akan selalu diwarnai oleh aliansi-aliansi bersama bajak laut generasi terburuk. Pertama Law, tujuannya menjatuhkan Doflamingo dan berhasil. Sekarang Bege, tujuannya menjatuhkan Big Mom, dan entah bagaimana akhirnya. Tentang cerita bagaimana bisa Luffy beraliansi dengannya, adalah Jinbei yang memprakarsai.

Waktu pesta pernikahan sudah hampir tiba. Rencana pembunuhan keluarga Vinsmoke dan Sanji sudah dekat. Luffy mau tidak mau harus mempunyai rencana untuk menyelamatkan Sanji. Di saat seperti itu, Jinbei menawarkan pada Luffy untuk beraliansi dengan Capone Bege dan kelompoknya. Demi suksesnya penyelamatan Sanji, Luffy menerima hal itu. Sepertinya sekarang Luffy sudah mulai tidak membenci Bege. Bege terlihat sebagai sosok yang komitmen dan bertanggung jawab atas kesepakatan yang diadakan.

Usulan Jinbei bukan usulan remeh. Terlihat bagaimana matang rencana Bege dalam mengacau pesta pernikahan dalam pembahasan ssbelum aksi. Selain itu kekuatan Bege memang besar. Selain seorang pemakan buah setan yang cukup aneh, Bege juga mempunyai kru yang terhitung kuat, belum lagi istri Bege. Yang terakhir ini memang belum menunjukkan kekuatan apapun. Namun sepertinya sedikit banyak dia sapat bertarung cukup baik. Melalui Bege dan kelompoknya tersebut, Luffy dapat terbantu menghadapi banyaknya jumlah pasukan Big Mom. Bege sendiri sepertinya dapat diandalkan untuk menghadapi pasukan sekelas komandan. Sampai saat ini, setidaknya kemunculan Big Father merupakan kejutan tersendiri ketika mengulas peran Bege dalam aliansi.

5. Caesar Clown

Orang yang satu ini telah terseret dalam petualangan Luffy sejak dikalahkan di Punk Hazard. Melalui sandera hati, Caesar terus diminta membantu Luffy dan kelompoknya mengatasi masalah. Di Whole Cake Island, Caesar telah masuk dalam personal penting rencana. Melalui KX Launcher (yang ternyata gagal) Caesar terbukti sangat berguna dalam rencana (walaupun kenyataannya gagal). Selain itu, kemampuan buag Gas-Gas miliknya juga menjadi kuncu utama rencana yaitu untuk kabur setelah membuat kericuhan.

Walaupun rencana yang menjadi tugas Caesar telah gagal dua-duanya, namun Caesar jelas masih dapat berguna bagi Luffy. Kekuatan logia miliknya tentunya akan berguna untuk digunakan melawan musuh, bahkan sekelas komandan. Belum lagi kemampuannya dalam memanipulasi oksigen, kemampuan seperti itu tentunya akan sangat berguna memghadapi musuh dengan jumlah banyak di tempat sempit.

6. Keluarga Vinsmoke: Judge, Ichi, Nidji, Yonji, dan Reiju

Sebenarnya mereka belum menjadi aliansi Luffy, namun sudah dapat ditebak bahwa  mau tidak mau mereka akan membantu Luffy menghadapi Big Mom. Alasan pertama, mereka telah dijebak dan ditipu Big Mom, maka mereka sekarang memusuhi Big Mom seperti halnya Luffy. Luffy dan Vinsmoke mempunyai musuh yang sama, itu sudah cukup untuk dijadikan alasan beraliansi. Alasan kedua, ketika hampir terbunuh, Luffy berhasil membuat Big Mom berteriak histeris hingga membuat anak buahnya yang bertugas mengeksekusi Vinsmoke tak sadarkan diri. Luffy berjasa menyelamatkan nyawa mereka. Selain itu, penahan gerak yang dipasang pada tubuh Vinsmoke dihancurkan oleh Sanji setelah teriakan Big Mom keluar. Berarti Vinsmoke telah diselamatkan oleh kru Bajal Laut Topi Jerami yang dikapteni oleh Luffy. Maka menjadi sangat mungkin Vinsmoke dan Luffy beraliansi.
Previous
Next Post »